Bersahabat Dengan Ketidakpastian
Di
dalam alam semesta ini, sebenarnya kita
menghadapi berbagai hal yang tidak dapat kita mengerti. Kita berada
dalam kehidupan yang nyaman tetapi juga menyandang keadaan alami sesuatu yang
selalu penuh gejolak-gejolak, misteri-misteri yang mungkin datang tiba-tiba
yang tidak dapat dijelaskan. Artinya alam ini
menyandang ketidakpastian. Demikian juga di dalam bisnis yakni
kesuksesan dalam menjalankan sesuatu. Dalam menjalankan bisnis kita berhadapan
dengan situasi yang tidak pasti yang akan datang. Dalam menjalankan usahanya
seorang wirausaha sering gagal jika diperhadapkan dengan situasi ini. Dalam melakukan bisnis seorang harus
memiliki pengharapan bahwa usahanya akan sukses, walaupun situasi yang tidak
pasti. Dalam keadaan yang yang tidak pasti seorang wirausaha harus memiliki
tekad, komitmen dan pengharapan dalam melakukan usahanya artinya seorang
wirausaha haruds sabar dalam melakukan usahanya dan tidak menyerah walaupun
diperhadapkan keadaan yang seolah-olah tidak ada pengharapan. Inilah yang
dimaksud sebagai bersahabat dengan ketidakpastian artinya walaupun usaha kita
sepertinya mau bangkrut tetapi kita tetap semangat, giat dalam menjalankan
usaha kita. Ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan yaitu:
-
Berharaplah kepada hal–hal terbaik,
karena keinginan manusia tidak semua menjadi kenyataan
-
Kita mungkin belum tentu mendapatkan apa
yang kita inginkan, tetapi setiap langkah yang kita jalankan selalu ada yang
dapat dipelajari.
-
Bersahabatlah juga dengan data dan
informasi, sampai kita mengenal betul pola, actor dan akibat-akibatnya.
-
Semakin pasti suatu bisnis, semakin
kecil resiko yang anda hadapi, tetapi semakin kecil kemungkinan keuntungan yang
di dapat.
-
Tidak ada kepastian yang sempurna,
sekalipun sesuatu terlihat pasti tetapi di dalamnya mengandung ketidakpastian.
-
Milikilah payung-payung cadangan, yakni
kita harus membangun hubungan dengan orang lain untuk menunjuang bisnis kita.
Jangan hanya berfokus pada keunggulan, tetapi menjalankan sesuatu karena kita
suka.
No comments:
Post a Comment